MENJADIKAN HIDUP PENUH MAKNA

Hidup penuh makna, bukan berarti hidup yang selalu berjalan sesuai dengan yang diinginkan, akan tetapi memiliki kisahnya tersendiri. Itulah yang masih saya terus wujudkan dan pelajari, bahkan terdapat berbagai pengalaman, baik pahit dan menyakitkan sekali, dan yang menyenangkan, itulah yang menjadi pembelajaran dan pastinya memiliki hikmah tersembunyi.


Karena itu, saya ingin berbagi kepada Anda lewat 12 hal tersebut:

1.    Bersyukur
Segala hal yang kita terima dalam hidup kita patut kita syukuri, karena kehidupan adalah pemberian Sang Maha Esa. Kita dapat menikmati seluruh alam pemberiannya, keindahannya dan segalanya. Walaupun dalam kehidupan yang kita jalani tidak pernah semulus bahkan tidak seperti yang kita inginkan, tetaplah bersyukur sebab itulah yang namanya “Kehidupan”, karena tidak mungkin kita selalu menerima yang baik saja, sedangkan yang buruk kita buang. Kehidupan yang kita jalani, dimana memiliki variasi, jalan yang tidak selalu seperti yang diinginkan, “Terkadang maju, terkadang terjatuh, dan sebaliknya”. tetapi, Itulah yang mewarnai kehidupan kita dan menjadi kisah didalam kehidupan kita.

2.    Kasih dan Cinta

Hidup dengan penuh Kasih dan Cinta, maksudnya; Kehidupan yang kita jalani harus disertai rasa mengasihi, menyayangi bahkan mencintai sesama kita. Bukan berarti Hubungan khusus kepada seseorang/kalangan tertentu, tetapi wujud perasaan terhadap semua golongan, yang dapat berupa pengorbanan kita untuk sesama dan keperdulian serta sikap mementingkan orang lain, bukan lebih mementingkan diri sendiri. Memang sulit, menyatakan kasih atau cinta. Akan tetapi wujudkanlah baik dari tutur kata, tindakan, yang berasal dari hati nurani kita. Begitu pula, diwujudkan kepada musuh bahkan orang yang sangat Anda benci. Mengapa?, karena semua manusia pasti memiliki kesalahan bahkan yang tidak kita sadari, bukan hanya itu juga, kita sebagai manusia untuk apa membenci atau dengki kepada orang lain, sebab segala Kebencian yang tertanam hanya akan menyakiti dan memberi luka yang mendalam bagi kita.

3.    Bahagia

Maknailah hidup dengan tersenyum, itulah yang minimal dilakukan orang bahagia. Kebahagiaan banyak di Inginkan oleh orang, tapi taukah makna dari kebahagiaan tersebut? Kebahagiaan bukan berarti butuh kaya, segalanya tercapai atau apa yang diingin di depan mata, dan hal yang menghambat lainnya. Banyak orang yang bisa memiliki semua, terkadang masih sulit mengatakan Dia bahagia. Lantas Bagaimana? Kebahagiaan berasal dari diri Kita yang ingin mewujudkannya, tidak perlu susah payah untuk mewujudkan hal yang tidak mungkin, tapi setidaknya tanamkanlah apa yang kita rasakan, dan cara kita memaknai hidup, serta awali hidup dengan penuh senyum.

4.    Rasa menghormat dan Menghargai

Hidup dengan menanamkan rasa menghormati dan menghargai orang, baik privasi, jabatan, dan segalanya, serta tidak membedakan golongan manapun. Dengan wujud menaruh hormat dan sikap menghargai orang lain, sebenarnya kita telah memberi, dan sebaliknya kita juga akan menerima (dihormati dan dihargai). Itu sudah semestinya menjadi hal yang perlu diwujudkan dalam kehidupan kita. Adapun yang dapat kita lakukan untuk memberi rasa tersebut kepada orang lain, yakni dengan menganggap orang lain tersebut, sama pentingnya dengan diri kita. Kita juga dapat tunjukkan dengan membuat orang senang, itulah makna kehidupan.

5.    Keterbukaan

Hidup yang mau menerima masukan, kritikan, maupun hal yang membangun lainnya. Itu merupakan sebagian kecil dari makna mau membuka diri kepada orang lain. Terbuka dengan apa yang ingin orang sampaikan dengan kita adalah awal untuk memulai perubahan hidup ke arah yang lebih dan lebih baik, karena dengan masukkan, kritikan, dan tanggapan lainnya, dapat menjadi pedoman maupun sebagai pembangun kepribadian kita. Oleh itu, hiduplah dengan sikap terbuka.

 6.    Pemaaf/memaafkan
Terkadang banyak gejolak yang kita rasakan didalam hidup ini, baik dari diri kita sendiri maupun orang lain. Adapun beberapa orang yang terjerat didalam masalah yang membuatnya tidak dapat memaafkan dirinya, ada pula masalah yang disebabkan oleh Hal lain diluar pribadi orang tersebut. Sehingga dari kejadian tersebut berdampak pada jiwa atau tekanan batin yang juga dapat mematahkan semagat pula. Hidup tersebutlah seharusnya kita hindari, jadikanlah pribadi yang mau memaafkan diri sendiri dan orang lain. Karena Hidup dengan amarah kepada orang lain dan menyalahkan diri sendiri, Akhirnya  membuat diri tertekan saja.

7.    Bijaksana
Bagi sebagian orang, segala yang menjadi keputusan, atas pertimbangan yang adil, dan dapat diterima, itulah yang di sebut bijaksana. Bijaksana dapat dalam berbagai bentuk dan pengertian, tetapi tergantung dari diri kita yang memaknainya. Bijaksana adalah tindakan dimana seseorang tersebut megambil cara, keputusan atau jalan keluar dengan melalui segala pertimbang secara adil, tanpa memihak, tetapi mencari kebenaran itu sendiri. Terkadang orang sulit sekali untuk bertindak bijaksana, itu disebabkan adanya rasa mementingkan diri sendiri, dan adanya sifat memihak. Sehingga, terjadi ketidak adilan didalam hidupnya. Oleh itu bertindaklah bijaksana.

8.    Berbagi

Berbagi merupakan salah satu cara membuat hidup tidaklah sepi dengan berbagi apa saja, seperti: berbagi curhat, ilmu, kasih sayang, rasa, dan lainnya. Manusia tidak tidak dapat hidup sendiri, oleh itu dibutuhkan orang lain, yang sebagai pengisi rasa dalam hidupnya. Baik, sebagai pendamping hidup, teman dan sebagainya. Wujudkanlah keperdulian kita dengan berbagi kepada orang lain, karena begitu indah jikalau hari-hari yang kita lewati diisi dengan hal positif tersebut.

9.    Kejujuran
Hidup tanpa adanya kejujuran adalah hal yang bodoh, mengapa?, karena lewat kejujuran tersebutlah kita diuji. Dengan menanamkan kepribadiaan untuk hidup jujur, kita akan dipercayai, dan dinilai orang. Jujur mampu membuat hidup kita lebih ringan, karena tidak ada beban untuk menutupi kebohongan yang dilakukan.

10.    Ketulusan
Ketulusan hati merupakan cerminan hidup yang mau menerima segala bentuk kegiatan, atau hal lainnya, yang berhubungan dengan kepribadiaannya. Jikalau dengan Jujur hidup kita dapat terasa ringan, ketulusan dapat membuat hidup terasa lebih mantap kedepan. Dengan rasa tulus semua kegiatan akan terasa mudah dan hal yang dikerjakan juga akan memuaskan. Oleh itu disebutkan ”Tak ada perbuatan akan Sukses bila tidak di kerjakan dengan Tulus”

11.    Kepekaan

Kepekaan adalah keajaiban yang diberikan Allah pada kita. Hati adalah salah satunya, ada pun segala bentuk perasaan yang kita rasakan, yaitu: sedih, senang, dan dengan itu kita tahu akan hal yang menyangkut dengan kebenaran atau kejahatan serta menilai mana yang baik atau yang benar. Sekarang tinggal bagaimana kita dapat menjaga hati kita agar tetap peka. Begitu juga kehidupan kita yang dimaknai dengan melakukan hal yang benar, berprikemanusiaan.

12.    Kedamaian dan kesejahteraan
Dengan melakukan Segalanya dengan pikiran positif, serta adanya pengembangan diri dan memaknai hidup dengan rasa syukur, maka anugerah paling sempurna dalam hidup ini akan kita terima. Anugerah tersebut adalah kedamaian. Rasa damai dan hidup sejahtera adalah hal yang sulit dirasakan jika kita masih memiliki beban dalam pikiran, maupun kehidupan kita, oleh itu, lepaskanlah secara perlahan-lahan dan maknai hidup lewat tidakan, pikiran, dan perwujudannya. Apabila kita sudah memilikinya, Kita akan merasakan yang apa artinya hidup penuh makna, dan Ingatlah untuk dipertahankan.

2 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan

Selamat data di Hanyauntukanda123.blogspot.com, Jangan Lupa untuk beri Komentar Ya. Terima Kasih